Pahami 8 Cara Kerja Agen Asuransi Agar Dapat Manfaatnya

Bagaimana cara kerja agen asuransi sebenarnya? Sebelum mengetahui cara kerjanya, sebaiknya cari tahu dahulu apa itu agen asuransi. Agen asuransi adalah seseorang yang memasarkan produk asuransi dan layanan asuransi dari perusahaan asuransi yang diikutinya. Intinya, agen asuransi menjadi jembatan antara nasabah asuransi dengan perusahaan asuransi. Dari sini sudah jelas, cara kerja agen asuransi sangat menguntungkan bagi perusahaan asuransi dan nasabah asuransi. Dengan agen asuransi, nasabah bisa lebih mudah mendapatkan produk asuransi terbaik, sedangkan bagi perusahaan asuransi bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak cara kerja agen asuransi dibawah ini.

8 Cara Kerja Agen Asuransi

1. Agen Asuransi Harus Mendapatkan Sertifikat AAJI

Sebelum menjadi menjadi agen asuransi profesional, calon agen asuransi harus mendapatkan sertifikat AAJI. Apa itu AAJI? Singkatan AAJI adalah Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia. Di Indonesia, AAJI adalah satu-satunya asosiasi yang berwenang dalam menyelenggarakan ujian dan menerbitkan sertifikat untuk agen asuransi jiwa di Indonesia. Dengan adanya sertifikat ini, para calon nasabah akan merasa nyaman karena agen asuransi sudah dijamin memiliki kualifikasi sesuai dengan standar perusahaan asuransi Indonesia.

2. Agen Asuransi Harus Terdaftar di Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Banyak nama-nama perusahaan asuransi terkenal di Indonesia. Pilih agen asuransi dari nama perusahaan asuransi yang kredibel seperti agen asuransi AIA. Salah satu agen asuransi AIA yang aman dan terpercaya adalah AsuransiHub.id. Anda bisa melakukan konsultasi mengenai asuransi melalui nomor WhatsApp 081803081010.

3. Agen Asuransi Menawarkan Produk Layanan Asuransi

Setelah mendapatkan sertifikat dari AAJI, Agen asuransi mulai menawarkan produk layanan asuransi dari perusahaan asuransi yang telah dipilih. Pada tahap awal, seorang agen asuransi akan menemui calon nasabah setiap hari untuk membantu prospek penjualan produk dan layanan asuransi dari perusahaan asuransi.

4. Agen Asuransi Memberikan Presentasi

Setelah mendapatkan calon nasabah asuransi, agen asuransi memberikan presentasi mengenai benefit, risiko, dan juga menjawab pertanyaan seputar asuransi yang diajukan oleh calon nasabah asuransi. Presentasi sangat menentukan tertarik atau tidaknya calon nasabah asuransi. Jadi, agen asuransi harus bisa menjelaskan secara detail mengenai asuransi.

5. Penandatangan Kontrak Polis Asuransi

Jika calon nasabah asuransi tertarik, maka proses akan berlanjut kepada penandatanganan kontrak polis asuransi sesuai dengan ketentuan perusahaan asuransi yang dipilih. Dalam tahap ini, agen asuransi sudah berhasil mendapatkan nasabah asuransi.

6. Melaksanakan Tanggung Jawab Kepada Nasabah

Untuk tetap menjaga hubungan baik, seorang agen asuransi tidak diperkenankan meninggalkan begitu saja nasabah asuransi yang sudah menjadi pemegang polis asuransi. Diusahakan untuk tetap menjaga komunikasi dan menjadi sosok solutif yang membantu segala keluhan dan pertanyaan nasabah asuransi selama menjadi pemegang polis.

7. Melaksanakan Tanggung Jawab Kepada Perusahaan

Selain harus menguasai produk dan peraturan tentang perusahaan. Agen asuransi memiliki target capaian yang harus dipenuhi sesuai kesepakatan menjadi tugas pokok yang harus diselesaikan. Jadi, tidak berhenti di satu nasabah asuransi, agen asuransi harus bisa mendapatkan nasabah asuransi lainnya.

8. Melaksanakan Tanggung Jawab Kepada Masyarakat

Agen asuransi bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi yang valid dan benar kepada masyarakat tentang produk layanan asuransi tanpa ada rekayasa sedikit pun. Edukasi yang benar terhadap layanan asuransi dan perusahaan asuransi akan membuat masyarakat sadar terhadap pentingnya asuransi bagi kehidupan mereka. Dengan adanya edukasi dan informasi valid di masyarakat, tentu tugas seorang agen asuransi lebih mudah karena sudah mendapatkan citra positif di masyarakat.

Itulah cara kerja agen asuransi yang wajib diketahui. Jika Anda ingin memiliki produk asuransi, bisa menghubungi agen asuransi terbaik di AsuransiHub.id. Selain memberikan konsultasi asuransi, AsuransiHub juga media asuransi yang memberikan informasi mengenai asuransi dan hal-hal yang berkaitan. Jadi, kamu sebagai nasabah bisa belajar mengenai asuransi di website AsuransiHub.id sekaligus menggunakan jasa konsultasi asuransi AsuransiHub melalui nomor Whatsapp 081803081010.