8 Cara Memilih Ekspedisi Pengiriman Barang

Jasa ekspedisi pengiriman yang murah kerap dicari para pebisnis yang harus mengirimkan barangnya dari satu tempat ke tempat lainnya. Pengiriman barang tersebut bisa karena pembelian produk atau pemindahan ke tempat lain.

Disinilah peran ekspedisi pengiriman sangat penting. Untuk itu pilih jasa ekspedisi pengiriman yang dapat dipercaya dan memberikan harga terjangkau.

Dalam artikel ini akan dibahas tips cara memilih jasa ekspedisi pengiriman yang tepat dan terpercaya. Simak terus informasinya di bawah ini.

1. Harga Murah

Untuk menekan biaya pengeluaran, sebaiknya pilih ekspedisi yang menawarkan tarif murah. Tarif setiap ekspedisi biasanya dihitung berdasarkan lamanya waktu yang dipilih dan beratnya barang. Semakin berat barang, maka akan semakin mahal tarifnya.

Setiap jasa ekspedisi juga menyediakan beberapa layanan salah satunya pengiriman kilat. Dimana semakin cepat pengiriman barang, maka akan semakin mahal tarifnya. Tapi ada juga beberapa ekspedisi yang memberikan harga bersaing, dengan memberikan pelayanan terbaik dan maksimal namun harga ramah di kantong.

2. Memiliki Jaringan yang Luas

Cara memilih ekspedisi pengiriman selanjutnya adalah memilih ekspedisi yang memiliki jaringan yang luas agar barang dipastikan sampai di tempat tujuan. Ekspedisi yang memiliki jaringan yang luas, pasti juga memiliki kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan begitu, distribusi barang akan menjangkau ke tempat-tempat terpencil dan terpelosok sekalipun.

3. Perusahaan Ekspedisi yang Sudah Terkenal dan Terpercaya

Saat ini sudah banyak bermunculan jasa ekspedisi pengiriman di Indonesia. Untuk mendapatkan jasa ekspedisi yang aman, sebaiknya pilih perusahaan jasa ekspedisi yang sudah cukup terkenal dan terpercaya.

4. Pengiriman Tepat Waktu

Tips memilih jasa ekspedisi barang selanjutnya yakni memperhatikan apakah ekspedisi tersebut bisa mengirim barang dengan tepat dan cepat. Ketepatan dalam pengiriman ini  nantinya akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan.

Kamu bisa lihat di internet mengenai ulasan dari jasa ekspedisi tersebut. Umumnya, jasa ekspedisi pengiriman barang memiliki layanan instan dengan satu hari sampai ke penerima dan layanan reguler.

5. Memberikan Layanan Jemput Barang

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya dalam memilih ekspedisi pengiriman  adalah memberikan layanan jemput barang gratis. Dengan begitu, kamu tidak repot-repot membawa barang yang banyak ke tempat ekspedisi tersebut. Namun, biasanya untuk layanan penjemputan gratis ini terdapat syarat minimal berat dari barang yang dikirim.

6. Memiliki Fitur Tracking

Agar kamu bisa melacak sampai mana barang yang dikirim, pastikan jasa ekspedisi yang kamu pilih memiliki fitur tracking. Setelah melakukan pengiriman, kamu akan diberi nomor resi yang berisi informasi mulai dari nama, alamat tujuan dan nama barang. Dengan nomor resi tersebut, pengirim dan penerima dapat sama-sama mengetahui status dari pengiriman barang tersebut.

7. Dapat Menjamin Keamanan Barang

Selanjutnya kamu juga harus pastikan keamanan dari barang yang kamu kirim. Umumnya, jasa ekspedisi memberikan asuransi untuk menjamin keamanan dari barang yang dikirim. Seperti asuransi kerusakan akibat kebakaran, kecelakaan, kehilangan dan musibah yang terjadi selama perjalanan.

8. Memiliki Customer Service yang Mudah Dihubungi

Memiliki customer service yang mudah dihubungi juga merupakan hal yang perlu diperhatikan saat kamu pilih jasa ekspedisi barang. Karena terkadang pemantauan lewat tracking online bisa saja ada masalah lain. Kamu juga harus mengetahui pickup point untuk mengambil barang.

Contohnya, saat barang sudah sampai di kota tujuan, tapi selama beberapa hari ditunggu ternyata barang tidak kunjung sampai ke rumah penerima. Alasannya bisa saja kurir yang teledor atau juga hal lainnya. Jadi solusinya adalah dengan menghubungi customer service dan menanyakan barangmu.

Itulah 8 cara memilih ekspedisi pengiriman barang yang tepat, cepat dan murah dengan jaminan keamanan barang. Semoga informasi ini bermanfaat. Informasi lainnya kamu bisa cek di ilmudes ya.