6 Tugas Asisten Guru saat Mengajar Muridnya

Dengan jadwal mengajar yang padat umumnya seorang guru juga memiliki asisten. Tugas asisten guru ini cukup beragam dan sama-sama memiliki tanggung jawab besar saat mengajar siswanya.

Asisten ini dibutuhkan untuk membantu guru mengajar di kelas atau lembaga pendidikan lainnya. Hal seperti ini sering terjadi di berbagai lembaga baik itu pusat pelatihan, perguruan tinggi, sekolah dan pendidikan swasta.

Sekilas tugas dari asisten ini tidak jauh berbeda dengan guru yang mengajar. Daripada kamu penasaran maka artikel ini akan mengulas secara detail terkait tugas apa yang dibebankan kepada asisten guru tersebut.

6 Tugas Asisten Guru yang Perlu Diketahui

Ada beberapa tugas dari asisten guru saat mengajar siswa dan berikut ulasan selengkapnya:

1. Mempersiapkan dan Melaksanakan Kegiatan Belajar-Mengajar

Sebagai tangan kedua dari guru maka asisten juga perlu mendukung guru saat melakukan persiapan untuk kegiatan belajar. Beberapa hal yang perlu disiapkan seperti menyusun materi, membuat bahan ajar dan mengelola peralatan. Semua proses tersebut harus disiapkan dengan baik saat mengajar.

2. Menjaga Kedisiplinan di dalam Kelas

Ketika siswa sudah mulai masuk maka asisten guru harus bisa membantu dalam menjaga kedisiplinan kelas. Salah satu tugasnya seperti mengawasi siswa ketika guru sedang memberikan pelajaran.

Selain itu, asisten juga bertugas membantu siswa ketika ada tugas oleh guru. Dengan cara ini maka siswa bisa memahami setiap pelajaran yang disampaikan oleh pengajar.

3. Memberikan Perhatian Individu kepada Siswa

Setiap siswa yang ada di dalam kelas membutuhkan perhatian secara individu dalam menerima seti pelajaran. Hal seperti itu yang menjadi tugas asisten guru dimana perlu memberikan perhatian khusus.

Misalnya para siswa yang mempunyai kekurangan dalam menerima pelajaran tertentu. Asisten inilah yang memberikan pemahaman lebih kepada siswa agar kemampuannya sama dengan siswa lain.

4. Menyiapkan Alat Peraga dan Media Pendukung

Sebagian siswa terkadang belum mampu menerima pembelajaran dari sekedar mendengarkan. Maka dari itu asisten guru bisa membantu dengan menyediakan alat peraga atau media pembelajaran dalam membantu siswa tersebut.

Setelah alat dan media sudah siap maka asisten membantu guru dalam mempresentasikan pelajaran. Misalnya membuat video tutorial cara berhitung cepat atau metode pembelajaran lainnya.

5. Mengevaluasi Kinerja Siswa

Kemampuan setiap siswa dalam menerima pelajaran tertentu terbatas sehingga butuh yang namanya evaluasi. Hal seperti ini yang menjadi salah satu tugas dari asisten guru di dalam kelas.

Asisten bisa memberikan tes atau tugas khusus kepada siswa yang kemampuannya masih rendah. Selanjutnya jawabannya dikumpulkan dan dikoreksi kemudian asisten bisa memberikan umpan balik. Biasanya asisten memberikan soal dari yang paling mudah terlebih dahulu sebagai bentuk tes awal kepada siswa.

Tertarik menjadi asisten guru? Kamu bisa cari kerjaannya di TrustJobMy.

6. Menyiapkan Bahan Ajar

Karena tugasnya sebagai pendamping guru di kelas maka asisten juga punya tanggungjawab untuk membantu guru. Bentuk bantuan tersebut salah satunya menyiapkan bahan pelajaran kepada siswa.

Selain bahan, asisten juga perlu menyiapkan alat peraga demi memudahkan siswa saat menerima pelajaran. Bentuk dari alat tersebut cukup beragam mulai dari video, gambar atau yang lainnya.

Jadi tugas asisten guru bisa dikatakan sangat mirip dengan pengajar namun butuh skill khusus. Keterampilan tersebut meliputi kemampuannya dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa yang ingatannya rendah.

Loker menjadi guru bisa kamu cari lengkap di job vacancies yang ada di website atau kota tempat tinggalmu.

Asisten dituntut untuk menggunakan bahasa sederhana saat menyampaikan balik setiap pelajaran. Untuk itu mereka selalu menggunakan alat atau media pembelajaran sebagai medianya.