Fakta Tentang Pulau Tidung yang Wajib Diketahui

Gedung pencakar langit yang banyak di Jakarta pastinya akan kalah dengan sederet keindahan yang ditawarkan oleh Kepulauan Seribu. Apalagi, gugusan pulau Kepulauan Seribu sangatlah banyak. Salah satunya adalah Pulau Tidung. Simak apa saja fakta tentang Pulau Tidung yang wajib diketahui sebelum berlibur ke sini.

Fakta Tentang Pulau Tidung

Meskipun Pulau Tidung sudah sangat populer di kalangan wisatawan, tetapi mungkin fakta tentang Pulau Tidung berikut ini masih belum Anda ketahui, apa saja?

1. Memiliki Nama Pulau yang Unik

Pulau Tidung bukan hanya sekedar nama, karena setiap penamaan pasti tersirat makna tertentu atau ada sejarah yang melatarbelakanginya.

Konon, di era kolonial pulau ini menjadi tempat tinggal orang-orang yang melarikan diri dari Belanda. Istilah lainnya, pulau ini dijadikan sebagai tempat berlindung. Oleh karena itulah, disebut sebagai Pulau Tidung.

2. Memiliki Fasilitas yang Lengkap

Tak perlu khawatir, Anda tidak akan kesepian karena sepinya fasilitas di Pulau Tidung. Sama seperti tempat wisata pada umumnya, Pulau Tidung juga menyediakan toilet, mushola, tempat charger, penginapan, dan lainnya.

3. Menjadi Spot Diving Paling Favorit

Ternyata, Pulau Tidung dijadikan sebagai spot diving favorit oleh banyak wisatawan. Mereka berpendapat bahwa Pulau Tidung adalah spot menyelam paling indah karena keindahan ekosistem bawah lautnya yang tidak main-main.

Banyak sekali tumbuhan dan binatang yang menarik dan unik. Pesona alam bawah laut yang masih asri mampu membuat setiap wisatawan terpesona.

4. Salah Satu Pusat Festival di Kepulauan Seribu

Pulau Tidung punya festival tahunan loh yang selalu rutin diadakan dengan menampilkan berbagai seni dan kebudayaan masyarakat setempat.

Selain itu, beberapa festival lainnya juga sering diselenggarakan di sini karena pengunjung tidak hanya bisa menikmati festivalnya, melainkan juga pesona alamnya.

Terakhir kali diadakan festival Move on Jones pada akhir tahun 2022 lalu yang menghadirkan artis ibu kota. Festival lainnya yang juga diadakan di sini adalah Ocenaik Folk Festival Jakarta.

Adanya festival di Pulau Tidung turut mendukung perekonomian warga setempat karena UMKM di sana pastinya merasa sangat terbantu sekali dengan adanya perayaan ini.

5. Mitos yang Beragam tentang Jembatan Cinta

Siapa nih yang sudah pernah melihat langsung Jembatan Cinta? Ikon wisata Pulau Tidung ini ternyata menyimpan beragam mitos yang tidak banyak diketahui orang loh.

Bahkan, ada banyak wisatawan yang ditemui hanya karena penasaran dan ingin membuktikan mitos Jembatan Cinta yang beredar. Apa Anda termasuk salah satunya?

Beberapa mitosnya antara lain pergi ke Jembatan Cinta bisa mendapatkan jodoh, membuat hubungan lebih langgeng, membuang pikiran-pikiran yang jahat dan kotor, dan bisa diganggu hingga disesatkan oleh makhluk gaib apabila melanggar aturan setempat.

Nah, terlepas dari benar atau tidaknya setiap mitos di atas, sebagai pengunjung tentu saja Anda harus menghargai hal-hal yang sudah menjadi budaya masyarakat tersebut.

Itulah berbagai fakta tentang Pulau Tidung yang wajib Anda ketahui. Untuk itu, jangan sampai melewatkan momen liburan di Pulau Tidung ini karena sudah banyak wisatawan yang membuktikannya sendiri. Semakin hari semakin banyak saja wisatawan yang datang ke sini, tak hanya wisatawan lokal tapi juga mancanegara.

Anda bisa berlibur ke Pulau Tidung sebagai backpacker ataupun melalui agen travel dengan memesan paket wisata Pulau Tidung. Paket wisata ini biasanya sudah include akomodasi kebutuhan Anda selama di Pulau Tidung.