Penyebab Aki Mobil Belum Satu Tahun tapi Sulit Distarter

Ada beberapa penyebab aki mobil belum satu tahun tapi sulit start yang wajib diketahui. Ketika mobil sulit distarter biasanya pemilik akan membelikan aki baru dengan harapan mobil bisa distarter kembali. Padahal penggunaan aki baru tidak menjamin elektrik starter yang macet bisa normal kembali. Padahal mobil sulit distarter tidak hanya disebabkan oleh aki mobil yang bermasalah saja tetapi juga penyebab lainnya. Berikut ini beberapa penyebab aki mobil belum satu tahun tapi sulit start.

6 Penyebab Aki Mobil Baru Belum Satu Tahun tapi Sulit Distarter

1. Masalah pada Busi

Selain masalah aki, busi juga bisa menjadi salah satu penyebab mobil sulit distarter. Jangankan rusak, busi yang kotor saja sudah bisa mempengaruhi kinerjanya sehingga kinerja pembakaran pada mesin mobil menjadi tidak maksimal.

Busi mobil yang kotor bisa menghambat percikan api yang dihasilkannya untuk pembakaran di mesin mobil. Busi kotor bisa disebabkan oleh buruknya kualitas bahan bakar yang digunakan. Selain busi kotor, ternyata busi juga memiliki usia pakai sehingga harus segera diganti jika sudah tidak layak digunakan.

2. Alternator Rusak

Penyebab mobil sulit distarter berikutnya karena alternator atau dinamo rusak. Alternator adalah salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik menuju aki. Jadi, meskipun aki mobil masih baru, tetapi jika alternatornya rusak maka mobil tetap sulit untuk distarter.

Alternator rusak disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor usia, pemasangan aksesoris mobil yang memerlukan energi listrik berlebihan dan faktor lainnya.

3. Koil Tidak Berfungsi

Mobil baru ganti aki tetapi tetap susah distarter bisa disebabkan oleh koil yang tidak berfungsi dengan baik. Koil pada mobil ini berfungsi untuk menggandakan tegangan arus listrik dengan jumlah yang sangat besar menuju ke aki. Dimana koil ini akan memutus aliran listrik dengan tiba-tiba untuk menghasilkan percikan api pada busi mobil.

Tanda-tanda koil mobil rusak dan harus segera diganti adalah mobil susah distarter, tenaganya terasa loyo dan juga mobil tiba-tiba mati sendiri ketika suhu mesin panas.

4. Bahan Bakar yang Tidak Lancar

Penyebab aki mobil belum satu tahun tapi sulit start berikutnya karena aliran bahan bakar yang tidak lancar. Kondisi ini bisa menyebabkan bahan-bakar menjadi tidak bisa didistribusikan dengan baik dari tangki ke mesin mobil.

Jika mobil sulit distarter saat dalam kondisi dingin, maka yang terjadi adalah fuel damp atau bahan bakar sudah melemah. Selain karena fuel damp, kondisi ini akansering terjadi apabila kamu menggunakan bahan bakar dengan oktan ataupun RON yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

5. Aki Belum Di-charge

Perlu diketahui jika aki baru tidak menyimpan arus dan tegangan listrik untuk melakukan starter mobil. Hal ini biasa terjadi ketika kamu menggunakan aki basah yang tidak bersifat Maintenance Free (MF). Apabila kamu memilih untuk menggunakan aki kering dan bersifat MF, maka daya listrik yang dihasilkan cukup untuk menyalakan mobil.

6. Kualitas Aki yang Sangat Buruk

Penyebab selanjutnya yaitu kualitas aki yang sangat buruk. Kondisi ini seringkali terjadi jika kamu membeli aki rekondisi atau aki bekas yang sudah mengalami perbaikan agar terlihat lebih bagus. Aki bekas atau rekondisi ini biasanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau sehingga banyak orang yang tertarik.

Namun, jika aki tersebut bermasalah tetap saja kamu harus mengeluarkan uang yang besar. Disarankan untuk membeli aki baru yang keasliannya terjamin. Aki yang asli bisa dilihat dari boks, segel dan juga kondisinya. Supaya mendapatkan aki baru yang berkualitas, kamu bisa segera beli aki mobil di toko aki terdekat.

Nah itulah 6 penyebab aki mobil belum satu tahun tapi sulit start. Jika penyebab mobil sulit distarter karena masalah aki maka kamu harus segera diganti. Kamu bisa mendapatkan aki baru dengan kualitas terjamin di toko aki terdekat.