Cara Membuat Kabel VGA to AV Sendiri

Cara membuat kabel VGA to AV sendiri ternyata sangat mudah. Kamu sebagai pemula juga bisa melakukannya. Kabel VGA to AV (RCA) merupakan kabel yang digunakan untuk menghubungkan TV dengan laptop atau komputer. Selain itu, kabel ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan TV ke proyektor.

Kabel VGA ke AV banyak dijual di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau. Akan tetapi, jika kamu ingin membuatnya sendiri di rumah juga tidak masalah. Cara membuatnya sangat mudah asalkan tahu langkah-langkahnya. Jika belum tahu langkah-langkah membuatnya, kamu harus menyimak penjelasan lengkapnya dari Mydreamku berikut ini.

Cara Membuat Kabel VGA to AV Sendiri

Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Persiapan

Persiapan

Untuk membuat kabel ini, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan. Beberapa hal terseut adalah kabel VGA dan plug RCA (AV). Jika memungkinkan bisa menyiapkan sebuah wire cutter (pemotong kawat) dan juga wire stripper . Siapkan juga solder untuk menghubungkan plug RCA dengan kebel yang sudah disiapkan. Solder paling ideal untuk menghubungkan kabel tersebut yaitu antara 20 watts hingga 40 watts.

Dalam proses membuat kabel VGA ke AV dibutuhkan proses penyambungan antara kabel VGA dengan Jack dari RCA. Apabila sudah selesai, Jack inilah yang bisa dipasangkan pada sambungan yang ada pada panel audio vide pada panel TV atau HDTV.

2. Membuat Koneksi Kabel VGA ke VA

Membuat Koneksi Kabel VGA ke VA

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Sebelum memulainya, pastikan kabel yang akan digunakan tidak sedang tersambung pada perangkat komputer atau perangkat lainnya.
  • Ambil wire clipper lalu lepaskan plug VGA di ujung salah satu kabel VGA yang digunakan.
  • Gunakan wire stripper untuk mengupas kabel yang digunakan. Setelah kabel terkelupas nantinya akan memunculkan bagian dalam kabel yang didalamnya terdiiri dari kabel warna biru, merah dan juga hijau. Masing-masing kabel tersebut terselimuti sama seperti kabel bagian luarnya.
  • Selanjutnya kupas bagian terluar masing-masing kabel berwarna sekitar 3 cm dari ujungnya untuk memperhatikan bagian kabel tembaganya.
  • Jika sudah selesai dilakukan, siapkan solder.
  • Apabila kamu lupa untuk memanaskan sedikit timah yang akan digunakan, lap bagian tersebut menggunakan kain untuk membersihkannya. Dalam melakukan proses ini maka harus mempersiapkan timah dan juga solder.
  • Sambungkan kabel VGA ke jack RCA lalu lilit agar tidak mudah terlepas. Perlu diingat apabila sambungannya tidak terlalu baik nantinya kabel ini akan menjadi salah satu penyebab monitor berkedip.
  • Setelah itu lanjutkan dengan solder menggunakan timah yang sudah disiapkan.
  • Pastikan sambungan yang tepat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyambungan kabel VGA ke VA, antara lain:

  • Kabel berwarna biru nantinya perlu untuk disambungkan dengan jack yang berwarna biru.
  • Kabel berwarna merah nantinya untuk disambungkan dengan jack yang berwarna merah juga.
  • Kabel berwarna hijau nantinya juga perlu untuk disambungkan dengan jack yang berwana hijau.
  • Untuk peletakkannya pada jack tidak boleh dilakukan secara semabraang. Untuk kabel sinyal harus diletakkan pada bagian tengah jack. Sementara untuk yang lainya berada di sampingnya.
  • Apabila terjadi kesalah dalam pembuatan sambungan maka akan menyebabkan monitor menjadi no signal detected.

3. Bagian Akhir dari Sambungan Kabel VGA ke VA

Bagian Akhir dari Sambungan Kabel VGA ke VA

Bagian akhir dalam menghubungkan kabel VGA ke AV adalah dengan menggunakan selotip atau bahan isolasi yang baik untuk menutupi kabel. Hal ini dilakukan untuk menutup setiap jenis koneksi yang sudah dibuat. Dengan melakukan hal ini maka akan membantu dalam membatasi terjadinya kesalahan yang bisa terjadi pada sinyal kacau yang disebabkan oleh kontak kabel yang telah dibuat.

Apabila semua sudah selesai, pasang kabel yang baru dibuat di komputer atau laptop dan TV dengan cara menghubungkan jack VGA pada port VGA komputer dan jack RCA pada port TV untuk menguji apakah kabel yang dibuat sudah berfungsi dengan benar.

Itulah cara membuat kabel VGA to AV sendiri yang bisa kamu praktekkan di rumah. Langkah-langkah membuatnya cukup mudah sehingga kamu pasti bisa melakukannya. Pastikan menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan dan mengikuti setiap langkah-langkahmya dengan benar.