Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Menurut Para Ahli

Produktivitas karyawan menjadi salah satu faktor kesuksesan sebuah perusahaan. Dengan karyawan yang produktif, perusahaan bisa mencapai goal dengan cepat. Sebaliknya jika karyawan kurang produktif, perusahaan tidak berkembang dan sulit mencapai goal. Dikutip dari Blog.vinmo.co.id, produktivitas kerja merujuk pada hubungan antara input dan output agar perusahaan bisa mencapai visi dan misi yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, produktivitas karyawan harus ditingkatkan. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa cara meningkatkan produktivitas karyawan menurut para ahli.

Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

1. Jelaskan Goals yang Ingin Dicapai

Menurut Simanjuntak dalam Sutrisno (2017:103), salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas adalah hubungan antara atasan dan bawahan. Dengan hubungan yang baik, atasan bisa menjelaskan goals yang ingin dituju kepada karyawan. Tentunya harus dijelaskan dengan bahasa teknis yang lebih mudah dipahami oleh karyawan. Dengan begitu, karyawan bisa tahu harus melangkah kemana, apa yang harus dilakukan serta titik mana yang dituju.

2. Rajin Melakukan Rapat dan Evaluasi

Hubungan antara atasan dan bawahan yang baik juga berguna saat rapat dan evaluasi. Atasan maupun karyawan bisa lebih memahami bagian mana yang perlu ditingkatkan agar dapat memenuhi ekspektasi perusahaan. Evaluasi karyawan harus bersifat objektif sehingga mampu melihat karyawan berdasarkan kinerja yang diberikannya pada perusahaan. Ini adalah cara meningkatkan produktivitas karyawan yang harus diterapkan.

3. Sediakan Teknologi yang Tepat Guna

Selain hubungan antara atasan dan bawahan, faktor  yang mempengaruhi produktivitas menurut Simanjuntak adalah pelatihan. Pelatihan karyawan sangat penting dilakukan, khususnya dalam hal penggunaan teknologi untuk perusahaan. Optimalisasi teknologi yang dimiliki perusahaan bisa meningkatkan efektivitas kerja karyawan dan perusahaan serta lebih efisien. Terlebih saat ini sudah memasuki era digital yang serba cepat.

4. Buat Program untuk Mengembangkan Kemampuan Karyawan

Selain pelatihan, adakan juga program mengembangkan diri karyawan lainnya seperti seminar dan kegiatan bersama yang dapat meningkatkan kekompakan karyawan. Misalnya kegiatan outbound yang mengasah tim harus bergerak secara kompak, disamping memiliki kualitas individu yang mumpuni. Kualitas karyawan yang berkembang berpengaruh terhadap produktivitas karyawan yang meningkat.

5. Peka dengan Mental dan Kemampuan Fisik Karyawan

Faktor yang mempengaruhi produktivitas menurut Simanjuntak lainnya adalah mental dan kemampuan fisik karyawan. Membuat karyawan nyaman bekerja terkadang sering dilupakan oleh perusahaan, padahal ini sangat penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Perhatikan lingkungan kerja, tunjangan, gaji atau upah serta pemahaman karyawan pada visi dan misi perusahaan. Dengan begitu, karyawan bisa memberikan kontribusi yang maksimal.

6. Raih Goals yang Kecil Dulu Baru yang Besar

Memiliki goals yang besar tentu sangat bagus, namun jangan lupa dengan kemampuan karyawan. Jika tidak bisa dicapai dalam waktu singkat, sebaiknya buat planning yang dari goals yang terkecil hingga terbesar. Dengan begitu, karyawan bisa mengembangkan kemampuannya untuk mencapai goals yang kecil. Jika berhasil, jangan lupa berikan reward seperti beristirahat sebentar. Setelah itu lanjut goals yang lebih besar.

7. Buat Lingkungan Kerja yang Nyaman

Menurut Anoraga dalam Busro (2018:346-348), faktor yang mempengaruhi produktivitas adalah Lingkungan kerja dan iklim kerja. Lingkungan kerja yang nyaman tentu akan meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja. Dengan begitu, perusahaan bisa mencapai goals dalam waktu cepat. Sebaliknya, jika lingkungan kerja tidak nyaman akan banyak karyawan yang mengundurkan diri dari pekerjaan.

8. Jangan Lupa Reward

Seperti penjelasan sebelumnya, karyawan yang berhasil mencapai goals perusahaan berikan reward. Ini adalah bentuk penghargaan kepada karyawan atas kinerjanya yang cemerlang dan motivasi kepada karyawan lain untuk berprestasi. Sesuai dengan pendapat Anoraga, salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas adalah kesempatan berprestasi. Karyawan yang berprestasi layak untuk mendapatkan reward.

Itulah beberapa cara meningkatkan produktivitas karyawan menurut para ahli. Saat ini sudah hadir aplikasi Vinmo dari PT Vinmo Digital Indonesia yang memberikan akses kepada karyawan untuk menarik upah per-hari kapanpun dan dimanapun. Untuk lebih lengkapnya silahkan download aplikasi Vinmo di Google Play Store dan Apps Store atau kunjungi website resminya di Vinmo.co.id. Semoga bermanfaat!